Cara Atasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Akses Internet di Android

WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android
Ilustrasi WiFi

PAMERANLAWAN.COM - Pernahkah kamu mengalami masalah WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android? Nah masalah seperti ini sering terjadi karena berbagai masalah. Seperti adanya masalah pada jaringan, hingga masalah pada perangkat. 

Sebagai pengguna, kita perlu melakukan analisia penyebabnya dan menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Agar nantinya kita bisa terkoneksi dengan internet dan menjelajah dunia internet. 

Masalah WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Akses Internet di Android dan Cara Mengatasinya 

Terdapat beberapa penyebab masalah jaringan WiFi tidak terhubung dengan ponsel. Kami juga telah menyiapkan solusi dari masalah-masalah tersebut. Adapun beberapa penyebab dan cara mengatasinya bisa kamu simak berikut ini.

1. Masalah Pada Hp Android 

Pertama, bisa saja masalahnya terletak pada hp Android yang kamu miliki. Jadi pada hp Android terkadang tidak terhubung ke jaringan Wi-Fi dengan baik. Sehingga membuat perangkat terhubung namun tidak ada akses sama sekali. 

Untuk mengatasi masalah seperti ini, cobalah untuk mengatur mode pesawat selama beberapa menit. Kemudian aktifkan kembali WiFi dan coba hubungkan lagi dengan jaringan Wi-Fi. Refresh jaringan seperti ini berguna agar jaringan bisa lebih stabil lagi. 

2. Router Bermasalah

Masalah berikutnya yakni pada perangkat router yang bermasalah. Misalnya saja ada kesalahan jaringan atau bahkan jaringan pada router sedang eror. Masalah seperti ini sangat sering ditemui namun jarang sekali disadari oleh pengguna. 

Untuk mengatasi masalah seperti ini, kamu perlu mengecek lagi router yang digunakan. Cek bagian kabel, jaringan, hingga paket yang tersedia. Pastikan semua dalam kondisi baik dan memiliki paket untuk menjelajah internet. 

3. Masalah pada Penyedia Layanan Internet (ISP)

Penyelenggara jasa internet adalah orang atau badan usaha yang menyediakan jasa sambungan Internet. Badan usaha ini misalnya seperti Telkom, Indihome, dan lain sebagainya. Kalau WiFi kamu tersambung tapi tak ada jaringan, maka bisa saja masalahnya pada ISP. 

Kalau seperti ini, kamu perlu konfirmasi ke penyedia jasa internet. Tanyakan terkait kendala yang kamu alami kepada pihak provider. Jangan sungkan untuk meminta solusi atas masalah yang kamu alami agar masalah bisa teratasi semua.

4. IP yang Tidak Sesuai

Setiap WiFi biasanya memiliki alamat IP sendiri-sendiri. Alamat tersebut berguna sebagai alamat jaringan internet yang terkoneksi. Kalau misalkan router WiFi kamu alamat IP nya tidak sesuai, maka jaringan tidak akan bisa terkoneksi ke hp. 

Oleh sebab itu, pastikan kamu telah mengecek bagian IP dari router. Cek juga bagian IP dari hp kamu, lalu lakukan refresh jaringan agar bisa kembali normal. 

5. DNS Tidak Sesuai

Terakhir, bisa saja DNS dari smartphone dan router tidak sesuai. Hal ini terjadi karena jaringan internet pada router ada yang kurang pas sehingga jaringan tidak terkoneksi dengan hp. Nah kalau hal ini terjadi, pastikan cek lagi bagian pengaturan DNS dari router dan perangkat. Kemudian coba hubungkan kembali perangkat pada jaringan WiFi.

Kesimpulan 

Dari beberapa masalah WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android di atas, kamu sudah tahu permasalahannya? Coba gunakan solusi yang kami tawarkan ya, kalau masih bingung ya silahkan tanyakan pada teknisi masing-masing. Semoga informasi yang kami bagikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...