Apakah PIN BRImo Sama Dengan PIN ATM? Ini Penjelasan Detailnya

apakah PIN BRImo sama dengan PIN ATM atau tidak
PIN BRImo dan ATM BRI

PAMERANLAWAN.COM - Mungkin banyak yang masih bingung ya, apakah PIN BRImo sama dengan PIN ATM atau tidak. Wajar saja karena biasanya saat pembukaan rekening BRI, masyarakat cenderung menyamakan PIN tersebut. 

Sehingga banyak yang menganggap bahwa PIN ATM dan ATM itu sama. Padahal keduanya itu sangat berbeda sekali, ya walaupun jumlahnya sama-sama 6 digit angka doang sih. Untuk lebih jelasnya silahkan simak terus informasi yang telah kami rangkum di artikel ini.

Apakah PIN BRImo Sama Dengan PIN ATM?

BRImo dan ATM BRI merupakan dua layanan dari Bank Rakyat Indonesia. Kedua layanan tersebut sering digunakan oleh nasabah Bank BRI untuk melakukan transaksi perbankan. 

Meskipun keduanya mengharuskan penggunaan PIN untuk mengakses layanan, tetapi keduanya beda. PIN BRImo dan PIN ATM sangat berbeda sekali dan juga memiliki fungsi yang berbeda. Perbedaan antara PIN BRImo dan PIN ATM BRI bisa kamu ketahui sebagai berikut.

1. PIN BRImo

Secara umum, PIN BRImo adalah kode keamanan yang digunakan untuk mengakses aplikasi mobile banking BRImo. PIN BRImo digunakan untuk mengamankan akses ke aplikasi BRImo

Selain itu, PIN ini juga bisa digunakan untuk otorisasi saat melakukan berbagai transaksi di aplikasi tersebut. Misalnya seperti transfer dana, pembayaran tagihan, dan pembelian pulsa.

Dari segi format, PIN BRImo biasanya terdiri dari 6 digit angka. Kode PIN ini diatur oleh nasabah saat pertama kali MENGAKTIFKAN aplikasi BRImo. Jadi saat daftar di aplikasi BRImo, biasanya perlu membuat PIN terlebih dahulu. 

Soal keamanan, BRImo juga mendukung otentikasi melalui sidik jari atau Face ID, tergantung perangkat yang digunakan. Hal tersebut tentu bisa menambah lapisan keamanan ekstra dalam mengakses aplikasi.

2. PIN ATM BRI

Berbeda dengan PIN BRImo, untuk PIN ATM BRI adalah kode keamanan yang digunakan untuk mengakses layanan perbankan melalui mesin ATM BRI. 

Fungsi utama dari PIN ATM BRI yakni untuk mengamankan akses ke kartu ATM BRI. Misalnya seperti ketika hendak melakukan transaksi di mesin ATM seperti penarikan tunai, pengecekan saldo, dan transfer antar rekening. 

Dari segi format, PIN ATM BRI biasanya terdiri dari 6 digit angka. Kode ini diatur saat nasabah pertama kali mengaktifkan kartu ATM, baik melalui bank atau mesin ATM BRI.

Untuk keamanan, PIN ATM hanya dapat diubah melalui mesin ATM atau di kantor cabang bank. Selain itu, PIN ATM juga digunakan untuk otentikasi transaksi di mesin EDC saat melakukan pembayaran di toko-toko yang mendukung pembayaran menggunakan kartu ATM.

Kesimpulannya, PIN BRImo dan PIN ATM BRI sangat berbeda. PIN BRImo hanya digunakan untuk mengakses aplikasi BRImo, sementara PIN ATM digunakan untuk mengakses mesin ATM.

Contoh PIN BRImo dan PIN ATM BRI

Agar kamu tidak bingung, kami telah mempersiapkan contoh yang mungkin bisa kamu perhatikan. 

apakah PIN BRImo sama dengan PIN ATM atau tidak
Contoh PIN BRImo dan ATM BRI

Pada gambar di atas, terlihat jelas perbedaan antara PIN ATM dengan PIN BRImo. Namun sebagai ilustrasi, berikut adalah contoh fiktif dari kedua PIN ini:

Contoh PIN BRImo: 123456

Contoh PIN ATM BRI: 654321

Meskipun contoh di atas menggunakan digit yang sama, nasabah disarankan untuk tidak menggunakan kombinasi angka yang mudah ditebak seperti "123456" atau "654321". Sebaiknya, gunakan kombinasi angka yang unik dan sulit ditebak untuk meningkatkan keamanan.

Bagaimana Jika Salah PIN di BRImo?

Biasanya, nasabah hanya diberikan 3 kali kesempatan untuk memasukkan PIN dengan benar. Jika Anda salah memasukkan PIN lebih dari 3 kali berturut-turut, maka bisa terjadi beberapa masalah. 

Masalah yang terjadi ketika lupa PIN BRImo 3 kali adalah akun BRImo terkunci. Jadi kita tidak bisa buka akun BRImo dan harus konfirmasi ke CS Bank BRI atau datang ke Bank BRI. 

Nantinya kamu akan dipandu untuk memulihkan akun BRImo yang sebelumnya terkunci. Intinya jangan panik dan harus tetap tenang agar akun BRImo kamu bisa kembali pulih. 

Sudah jelas kan, apakah PIN BRImo sama dengan PIN ATM? Keduanya sangat berbeda, dari segi fungsi, karakteristik, dan sistem keamanan juga berbeda. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan wawasan untuk kita semua.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...